Sunday, February 8, 2009

Anak Sukarame Masuk TV



Kompas Sabtu, 7 Januari, memuat tulisan Jansen Sinamo di halaman tujuh. Judulnya, Kekerasan Bukan Kegemaran orang Batak. Versi aslinya, yang sudah dia kirimkan kepada kami beberapa orang temannya sehari sebelum terbit, sebenarnya berjudul,Batak: Gaya Rambo Hati Rinto. Tetapi setelah disiangi di sana-sini demi mencapai kepadatan 900 kata, jadi lah seperti yang termuat dengan judul ‘tembak langsung’ itu. Bagi yang belum sempat baca, berikut ini saya tampilkan lagi versi asli tulisan itu.

Batak: Gaya Rambo Hati Rinto

Oleh JANSEN H. SINAMO


BERITA politik paling heboh pekan ini tentulah unjuk rasa keras yang berlangsung brutal di katedral politik Sumatera Utara yang berujung pada tewasnya Abdul Aziz Angkat, ketua DPRD provinsi yang berpenduduk multietnik itu.

Tak bisa lain, satu kesan sisa yang menonjol adalah: Batak itu memang keras. Di milis Forum Pembaca Kompas - yang beranggota hampir sepuluh ribu itu - seorang warganya menulis begini, “Sebagai orang yang dibesarkan di kota Medan, saya merasa malu. Apalagi kejadian pilu ini terkait dengan pembentukan Provinsi Tapanuli. Saya sangat malu sebagai suku Batak!”

Orang Batak memang jadi terdakwa dalam insiden ini, apa boleh buat. Namun tidak banyak orang tahu, sang korban sebenarnya adalah juga orang Batak, berasal dari rumpun sub-etnik Pakpak. Marga-marga Pakpak seperti Angkat, Bintang, Gajah, Padang, Sinamo, Tumanggor, dan masih banyak lagi, hampir tidak dikenal sebagai marga-marga Batak seperti yang telah tenar lebih dulu dari rumpun Batak lain seperti Sitorus, Sihombing, Sembiring, Pohan, Panggabean, Panjaitan, Silalahi, Siregar, atau Saragih.

Perlu segera ditegaskan, kekerasan bukanlah kegemaran khusus orang Batak, dan bukan pula ciri khasnya. Semua kaum, suku, dan bangsa pernah melakukannya: di Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua, bahkan di semua penjuru benua dan pelosok dunia, seperti di istana raja-raja Persia, kaisar-kaisar Romawi, prabu-prabu Singosari – ingat misalnya hikayat keris Mpu Gandring – dan sultan-sultan Mataram kuno. Barangkali cuma di benua Antartika tak ada aksi kekerasan. Dan itu jelas karena manusia apalagi keraton tidak ada di sana.

Jalan Kekerasan Tetap Digemari
KEKERASAN sebagai metode mewujudkan kehendak telah dipraktikkan manusia sejak purbakala dengan sokongan ilmu dan teknologi zamannya. Meski dewasa ini kekerasan dianggap sebagai sangat buruk, dan karena itu harus dijauhi, sebab jika tidak akan dicela dan dihakimi keras oleh masyarakat beradab, tetapi nyatanya kekerasan memang membawa nikmat bagi pelakunya. Juga, jalan kekerasan terlihat sangat praktis, instan dan ekonomis, serta membawa hasil besar secara efektif. Tidak heran Brutus melakukannya terhadap Caesar di Roma, Ken Arok terhadap Tunggul Ametung di Tumapel, dan Suharto di Aceh, Papua, dan Buru. Amerika pun melakukannya di Iran, Irak, dan Afganistan; Israel di Gaza, Tepi Barat, dan Libanon; dan pekan ini pendukung bakal Provinsi Tapanuli di kantor DPRD Sumatera Utara. Bisa diduga, kita masih akan terus menyaksikan aksi-aksi kekerasan di berbagai panggung kehidupan, dari skala kecil sampai kolosal, oleh aktor-aktor individual maupun satuan-satuan resmi nasional.

Persaingan adalah mulanya, konflik kepentingan adalah arenanya, dan perwujudan niat menguasai adalah cita-cita ultimatnya. Sudah niscaya selalu ada pihak yang tersisih, kalah, terluka, hilang atau mati. Tetapi korban-korban itu selalu dianggap wajar belaka, memang sudah seharusnya demikian, dan karenanya baiklah diabaikan atau dilupakan begitu saja.

Pada saat yang sama, pihak pelaku kekerasan, apalagi jika hasilnya besar, selain memperoleh kenikmatan intrinsik yang hebat -- perhatikan misalnya ekspresi puas wajah-wajah para pendemo saat berhasil menjebol gerbang, mengobrak-abrik ruang sidang, atau meninju wajah Aziz Angkat -- oleh kaumnya akan dielu-elukan sebagai pahlawan, diberi legitimasi legal, dihadiahi berbagai privilese, serta dikukuhkan posisinya dalam panteon sosial mereka.

Saat di zaman mutakhir ini, meminjam istilah Thomas L. Friedman, dunia sudah semakin datar – ketika peristiwa-peristiwa kekerasan bisa ditonton lalu diskusikan lewat televisi layar datar – maka kita pun meniru dan mempelajari kekerasan itu, tidak saja caranya dan tekniknya, tetapi juga nafsunya dan motivasinya, sekaligus dan serentak. Demikianlah etos kekerasan merambah makin luas dan berakar makin dalam di seluruh dunia. Tinggal menunggu momen ledak yang pas. Disederhanakan, kira-kira begitulah keterangan Rene Girard, sejarawan dan filsuf kondang kelahiran Avignon, Prancis, tentang situasi dan dinamika kekerasan dewasa ini dalam sejarah kontemporer kita.

Pancaroba Demokrasi
DEMOKRASI sebagai sebagai suatu sistem, prinsip, proses dan prosedur sesungguhnya tidaklah asing bagi orang Batak sejak zaman pra-kolonial. Bahkan di zaman Orde Baru yang sistem politik nasionalnya tidak demokratis, di tingkat adatnya orang Batak tetap saja bergaya demokratis. Tatkala kesempatan membentuk Provinsi Tapanuli terbuka lebar sedekade lalu bersamaan dengan tumbangnya Orde Baru, antusiasme besar segera saja melanda sebagian elit dan warga eks karesidenan Tapanuli zaman Belanda.

Tetapi warga wilayah itu ternyata sudah banyak berubah: semakin kompleks, semakin sadar kelompok, dan semakin berbeda kepentingan maupun orientasi politiknya. Ditambah dengan belum matangnya demokrasi republik beserta semua perangkat pendukungnya di musim pancaroba era reformasi ini, provinsi yang didamba-dambakan itu tidak juga terbentuk sesudah menghabiskan begitu banyak waktu, tenaga, dan ongkos, akhirnya melahirkan rasa frustrasi yang berujung pada amuk massa. Itulah yang terjadi hari Selasa lalu di Medan.

Namun ini tetap tak bisa diterima, demokrasi yang diniatkan sebagai sistem untuk lebih mengadabkan perilaku negara dan warganya, hanya bisa terwujud melalui jalan hukum yang tegas. Ya, hukum harus ditegakkan! Siapapun yang melanggar atau mengabaikan hukum Selasa lalu harus diproses secara hukum pula.

Hati Rinto Membuka Jalan Damai
KETIKA di tahun 80-an film laga seri Rambo mencuat terkenal yang berkoinsidensi dengan populernya lagu-lagu karangan Rinto Harahap, entah dari mana asalnya, muncullah ungkapan kocak, tampang Rambo hati Rinto, untuk menggambarkan dualitas karakter orang Batak. Tampang dan suara orang Batak yang tegas dan keras itu biasa terlihat di terminal bis, metromini, kantor-kantor, termasuk gereja-gereja, tetapi di situ juga mereka tarik suara, memetik gitar, dan melantunkan kor.

Tapi dualitas semacam ini pun bukanlah monopoli orang Batak. Semua orang juga begitu: bisa keras bahkan sanggup membunuh secara sadis jika terdesak namun juga memiliki sisi yang lembut, penuh cinta, romantisme, dan puisi. Guru-guru dan ajaran-ajaran kebajikan seperti yang berasal dari Siddharta Gautama, Isa Almasih, Jalaluddin Rumi hingga Mahatma Gandhi, Bunda Teresa, dan Nelson Mandela yang telah mewarnai berbagai peradaban dan kebudayaan sejak dulu kala, juga mempengaruhi masyarakat Batak. Ini jelas tampak dalam keseniannya, tembang-tembang maupun sastranya, serta relasi-relasi interpersonalnya.

Jika berkonflik, sama seperti kelompok masyarakat lain, orang Batak juga mempunyai strategi budaya, perangkat adat, dan instrumen sosial tersendiri untuk menyelesaikannya. Yang terkenal misalnya sistem Dalihan Natolu dengan panduan sehimpunan kaidah canggih semisal ‘menjaga padi di ladang tanpa bandringan’ atau ‘menggembalakan kerbau di padang tanpa pecut’. Namun keberhasilan strategi dan aplikasi perangkat dan instrumen di atas pada akhirnya sangat tergantung pada kualitas pribadi warganya, efektivitas birokrasi organisasi-organisasinya, serta integritas prosedur dan mekanisme operasionalnya.

Kini, pasca anarki Medan, saat semua perangkat di atas diragukan keandalannya, warga Batak sebaiknya kembali berpaling kepada watak terhalusnya, mengakses kalbu terbaiknya, dan mengizinkan hati cantik itu – hati Rinto – kembali tampil mengalun dengan tembang merdu berjudul Jalan Penuh Damai Menunggumu. Horas bah. Njuah-njuah banta karina.



***

Menulis di Kompas bukan hal asing lagi bagi JAnsen. Dalam kurun 10 tahun ini, puluhan artikel ia tulis untuk harian paling top di Indonesia itu. Untuk artikel kali ini, Jansen mengaku redaksi Kompas lah yang memintanya. Dan ternyata dengan baik ia mempergunakan kesempatan itu untuk mendudukkan secara sepantasnya apa yang ia sebut sebagai ‘Berita politik terheboh pekan ini.’ Ia meneropongnya lewat kacamata ‘etos kekerasan.’

Setelah tulisan itu beredar luas, sejak pagi hingga sore di hari Sabtu yang mendung itu, bertubi-tubi komentar orang berdatangan menghampiri ponsel Jansen mengapresiasi tulisannya. Saya tahu itu karena sebagian besar SMS semacam itu dia forward kepada kami teman-temannya. Pagi-pagi sekali tatkala usai membaca tulisan itu, saya juga mengirimkan komentar bernada canda kepadanya, begini:

Horas, njuah-njuah. Mantap juga halaman 7 Kompas hari ini. Kalau aku redakturnya, akan kupertahankan judul ‘Rambo Berhati Rinto’ itu. Hahahaha.” Eben

Pesan ini dibalasnya dengan nada tak kalah kocak:

Kalau aku redakturnya, akan kunaikkan honornya. Hahaha.” Jansen Sinamo.

Selanjutnya, berbagai pesan pendek seperti tak terbendung lagi. Diantaranya adalah yang berikut ini:

Pak Jansen, tks u/ tulisan yg cantik + menyentuh di Kompas pagi ini. Semoga semua orang Batak membacanya. Kapan Tatap terbit lagi?” Dr. Jan Aritonang (Rektor Sekolah Tinggi Teologia Jakarta—pen)

Pak Jansen, sy terharu baca ‘Kekerasan bukan Kegemaran orang Batak.’ Kiranya semakin produktif menulis sebagai pemerhati etos. Menjuah-juah karina.” Johny Tarigan

Kekerasan bukan kegemaran orang BATAK, tetapi kekerasan tetap digemari…. Hehehehe.” Par Medan

Orang Batak masih di koridor dalihan natolu kok. Yang tidak, cuma XXX dan antek-anteknya, hehehe. Mantab oe. Apalagi salam terakhir i, Njuah-juah banta karina.” HMB

Pak, memang benar, Batak tidak suka kekerasan. Sukanya nyanyi. Tks artikelnya di Kompas.” Lilik Agung.

Good article on Kompas today. Cuma marga Damanik or Dominique tdk tercantum hehehe.” Dr Ladjiman Damanik

Semoga orang Batak tak pakai pecut dalam menggembalakan hasratnya, sambil membangun jalan nir-kekerasan. Makasih Pak atas tulisannya.” Dr. Martin Sinaga STh

Pak Jansen, sy sangat terkesan dg artikelnya di Kompas hari ini. Memang secara perlahan harus mulai ada yg mendudukkan persoalan dlm porsinya, seperti Tumanggor dlm Newslink. Bravo dari LMPP.” Luhut M. Pangaribuan (pengacara, pen).

Sy lahir dan dibesarkan di Mdn. Org Batak emang lbh banyak sisi lembutnya. Demo kehilangan kesabaran sesaat adalah bagian dari sifat manusia. Sy setuju dengan artikel abang di Kompas.” Yusri

***

Sekitar selepas tengah hari, Jansen menelepon. Kali ini dia mengabari bahwa berdasarkan tulisannya di Kompas hari itu, ia diminta oleh Metro TV untuk diwawancarai seputar hal yang sama di acara Metro Hari Ini. Di akhir perbincangan telepon itu, Jansen masih sempat mengucapkan kalimat jokes dari Bahasa Toba, ‘Nanggo apala i,’ yang belakangan ini kerap kami sampirkan ketika membicarakan apa saja. Artinya kira-kira, “Lumayan lah, ada juga artinya…..”

Benar saja, ketika beberapa menit berlalu dari 17.30 tatkala acara Metro TV memulai siaran Metro Hari Ini, wajah Jansen Sinamo terlihat di televisi. Ketika itu saya tengah di Carrefour Bumi Serpong Damai menemani Amartya dan ibunya berbelanja. Dengan wajah badak tak tahu malu, saya terpaksa memohon kepada penjaga barang-barang elektronik untuk mengganti channel salah satu televisi yang dipajang di sana ke saluran Metro TV. Untung sang penjaga juga cukup ramah dan antusias menyaksikan tayangan itu. Di segmen wawancara pada Metro Hari Ini, Jansen ditandemkan dengan Budi Rajab, antropolog dari Universitas Padjadjaran. Menarik juga selama lebih kurang 30 menit mereka berdua saling memberi pendapat dan pertanyaan di seputar aksi ‘democrazy’ yang berlangsung di gedung DPRD Sumatera Utara yang menewaskan Azis Angkat, orang Batak Pakpak yang jadi ketua DPRD di sana.

Pada intinya, Jansen Sinamo mengemukakan bahwa kekerasan bukan lah budaya orang Indonesia, termasuk Batak, dalam menyelesaikan persoalan. Di tiap-tiap budaya ada mekanisme yang mengedepankan kehalusan, kelembutan dan diplomasi dalam menuntaskan sengketa. Bahwa democrazy di Medan itu telah berubah menjadi anarkisme, ada banyak dimensi penyebabnya, termasuk oleh lemahnya kepemimpinan. Begitu kira-kira pendapat Jansen.

Atas penampilannya di televisi itu, seseorang mengirimkan SMS berbunyi begini:

Pak Jansen, sy nonton bpk di metro --dengan tongkat naganya...sdh spt gus dur pak, sakti mandraguna, truly impacting society banget....”


***

Beberapa pekan sebelumnya, Jansen dan kami beberapa orang rekannya ber-kombur-kombur dalam rangka memberangkatkan Om Dr. Martin Sinaga bertugas ke Jenewa. Diantara yang hadir, adalah karib masa kecil Jansen, yakni Hans Miller Banurea yang wartawan infotainment, aktivis organisasi sosial serta pengamat dan pemerhati musik yang sudah sering masuk TV. Tak mengherankan jika Jansen dan Hans tak putus-putusnya menertawakan diri mereka sendiri lewat lelucon-lelucon tentang Desa Sukarame, tempat dimana mereka menghabiskan masa kecil. Karena demikian udiknya desa itu, sampai-sampai ‘Orang Sukarame’ jadi semacam julukan untuk mencerminkan keterbelakangan, sifat norak dan ketinggalan zaman. Maka tatkala dulu Hans untuk pertama kalinya tampil di televisi sebagai pengamat musik, Jansen langsung berkirim SMS bahwa baru karibnya itu lah anak Sukarame yang masuk TV.

Kini seseorang dari Sukarame lainnya telah menjalankan tugasnya dengan baik. Lewat tulisannya di Kompas. Lewat penampilannya di Metro TV dan tentu saja lewat perjuangan tak kenal lelah sebagai Guru Etos.

Hahaha, nanggo apala i, ate Bang Jansen. Kalau ada Batak Award, mestinya Anda masuk nominasi ya...


-selesai-


ciputat, 8 Februari 2009

3 comments:

Anonymous said...

Yah.. kekerasan sering diandalkan bila otak sdh tak mampu lagi berbuat!

WURYANANO said...

Seringkali tindak kekerasan hanya gara-gara masalah sepele. Tapi karena manusia ini sering dikendalikan oleh perasaan emosinya, bukan sebaliknya...mengendalikan perasaan emosinya.

Oleh sebab itu jika lagi terpicu emosi negatif, maka pasti itu mengalahkan pikiran akal sehatnya... dan selalu kekerasan jadi pelampiasan emosinya.

Orang Batak, memang kelihatan berwatak keras, meskipun punya hati lembut...seperti Pak Jansen Sinamo ini...hehehe... Guru Etos kita semuanya... Top!!!

Salam Sukses Penuh Berkah Selalu,

Wuryanano
Motivational Blog - Support Your Success

Entrepreneur Campus - Support Your Future

Pana Content Solutions said...

“Sebagai orang yang dibesarkan di kota Medan, saya merasa malu. Apalagi kejadian pilu ini terkait dengan pembentukan Provinsi Tapanuli. Saya sangat malu sebagai suku Batak!”

Itu kata-kata saya di milis Forum Pembaca Kompas..Hehe..Bravo Bang Jansen!!

.................................................................................................

Selalu ada pagi. Secangkir kopi. Sepotong cemilan. Dan lalu lintas percakapan. Mulanya pertemuan tidak teratur. Lama-lama jadi rutin. Dan Jansen Sinamo senang hati membagi-bagi pikirannya. Ia percaya pada hukum kekekalan energi. Bahwa keindahan dari menebar rahmat adalah karena suatu saat ia akan kembali kepada penebarnya. Ini lah Candid Talks with Jansen Sinamo, kumpulan laporan coffee morning talk dengan dia, Guru Etos Indonesia. Semoga bermanfaat.Ingin menghubungi Jansen Sinamo? Kontak: Instut Dharma Mahardika, Pulogebang Permai Blog G-11/12, Jakarta 13950; Telp.021-480 `514; Faks 021 4800429